Posted at August 4, 2016
0

Mengenal Jenis Tukang Dalam Proyek Bangunan

Dalam sebuah projek bangungan pemilihan bahan material sebagai dasar pembuatan bangunan merupakan faktor penting yang menjadikan kualitas sebuah bangunan, namun diluar bahan bahan materil yang menjadi pokok kebutuhan, keberadaan sumber daya manusia sebagai kreator merupakan faktor penting yang menjadikan nilai dari bangunan, para sumber daya manusia yang bergerak di bidang ini biasanya disebut dengan pekerja bangunan atau tukang.

Pekerja bangunan adalah sebutan secara universal terhadap pekerja bangunan, ada beberapa jenis pekerja bangunan yang dapat disubkan dalam beberapa kategori berikut ini:

  1. Mandor

Tugas mandor adalah mengawasi tukang lain yang sedang berkerja, jadi mandor adalah memonitoring setiap tukang yang bekerja, sehingga pekerjaan jadi cepat diselesaikan, mandor juga penghubung antara pengguna jasa dan tukang, sehingga pengguna jasa tak perlu menyampaikan instruksi pada setiap tukang, karena itu adalah tugas mandor

Mandor juga biasanya menjadi perantara untuk mencari pekerja lain atau tukang yang yang ahli dalam bidang yang dibutuhkan dalam pembangunan, sehingga projek sebuah bangunan akan terus berjalan lancar

  1. Tukang Gali

Sebelum bangunan dibuat, konstruktur bangunan biasanya dimulai dengan penggalian untuk membuat pondasi, pondasi dibuat di lubang agar bagunan kokoh, menjadi tukang gali pun tak mudah, butuh perkiraan yang benar dan ukuran yang pas, karena ini mempengaruhi kelanjutan pembangunan setelahnya.

  1. Tukang Batu

Setelah penggalian selesai maka hal selanjutnya dilakukan pembuatan pondasi, untukhal ini biasanya dilakukan oleh orang yang disebut tukang batu, tak hanya pondasi, tukang batu juga memiliki tugas dalam memasang batu bata, pengecoran, pembuatan dak dan beberapa tugas lain yang berhubungan dengan semen, pasir dan batu,

  1. Tukang Besi

Dalam pembuatan dak dan pengecoran dibutuhkan material lain agar memberi kekuatan pada bangunan, sehingga dibuthkan tukang besi. Tukang besi punya peran yang cukup ppentingdalam embuatan konstrksi bangunan, mulai dari kolom, sloof, dak dan sebagainya, pembuatan struktur besi juga tidak sembarangan, dan biasanya para tukang besi bertugas juga memasangkannya.

  1. Tukang Kayu

Setelah bangunan sudah mulai tampak setengah jadi maka pembuatan kerangka atap, kuda kuda, bekisting beton dan sebagainya di serahkan oleh tukang kayu, tak hanya rangka atap, tukang kayu pun bertugas dalam pembuatan jendela, pintu dan kusen dan hal lain yang menyangkut dengan material kayu.

  1. Tukang Cat

Setelah semua bangunan sudah jadi, maka finishing diserahkan pada tukang cat, anda bisa menyesuaikan warna kesukaan anda pada tukang cat, tukang cat akan menutupi segala aspek bangunan yang perlu di finishing, biasanya juga menyangkut pewarnaan kayu pintu dan jendela.

  1. Tukang Listrik

Setelah rumah atau baguunan sudah jadi, maka rumah dan bangunan tersebut butuh penenrangan, disinilah peran tukang lstrik dibutuhkan, untuk menyambung listrik dari terminal utama serta merrangkai rangkaian pararel dibeberapa titik yang membutuhkan penerangan, tukang liistrik dapat mengerjakannya dengan rapih serta aman terhadap penghuni rumah atau bangunan tersebut.

  1. Tukang Pembantu

Dari beberapa jenis tukang diatas, ada beberapa yang memerlukan partner kerja untuk menyiapkan peralatan untuk melengkapi kebutuhan tukang lain, tukang ini disebut tukang pembantu, biasanya tukang pembantu dibawa oleh tukang ahli karena kecocokan kerja sebelumnya.

Untuk pengupahan tukang beraneka macam, ada beberapa yang menggunakan biaya borongan atau harian, namun biasanya untuk upah tukang hanya mengatasi masalah yang spesifik terhadap bangunan memperlakukan upah harian.

Setiap tukang mendapatkan pembayaran yang berbeda beda pula, tergantung resiko dalam pekerjaan seta tingkat kesulitan yang dihadapi tukang, dan hal lain lagi untuk pembayaran upah adalah pengalaman kerja dan hasil kerja para tukang.

Demikian beberapa informasi tentang jenis jasa tukang dalam bangunan, jika anda memiliki keahlian dalam jasa tukang bangunan, anda bisa mendaftarkan profil anda disini secara gratis, agar orang lain bisa mendapatkan jasa anda

0 Comment on this Article